Selasa, 03 November 2015

Tugas II Etika Bisnis

Postingan kali ini dibuat untuk memenuhi tugas ke-2 mata kuliah Etika Bisnis. Tugas kali ini dengan tema Iklan Yang Tidak Sesuai Dengan Apa Yang Diterima Oleh Konsumen. 

Menurut YLKI (Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia), hak konsumen adalah:
  1. hak atas kenyamanan, keamanan, dan keselamatan dalam mengkonsumsi barang dan/atau jasa;
  2. hak untuk memilih barang dan/atau jasa serta mendapatkan barang dan/atau jasa tersebut sesuai dengan nilai tukar dan kondisi serta jaminan yang dijanjikan;
  3. hak atas informasi yang benar, jelas, dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang dan/atau jasa;
  4. hak untuk didengan pendapat dan keluhannya atas barang dan/atau jasa yang digunakan;
  5. hak untuk mendapatkan advokasi, perlindungan, dan upaya penyelesaian sengketa perlindungan konsumen secara patut;
  6. hak untuk mendapat pembinaan dan pendidikan konsumen;
  7. hak untuk diperlakukan atau dilayani secara benar dan jujur serta tidak diskriminatif;
  8. hak untuk mendapatkan kompensasi, ganti rugi dan/atau penggantian, apabila barang dan/atau jasa yang diterima tidak sesuai dengan perjanjian atau tidak sebagaimana mestinya;
  9. hak-hak yang diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undangan lainnya.
Di dalam tugas ini saya mengambil produk yaitu, Indomie. Berikut adalah contoh beberapa iklan dari produk Indomie,
 
Indomie.com
 
Google image
Dari iklan tersebut dapat dilihat jika dari satu buah kemasan Indomie, konsumen akan mendapatkan semangkuk atau sepiring Indomie lengkap dengan topping-toppingnya yang menggiurkan. Namun pada kenyataannya, konsumen tidak mendapatkan apa yang sesuai dari iklan tersebut. Jika konsumen ingin mengkonsumsi Indomie sesuai dengan apa yang ada di iklan, konsumen masih harus membeli dan memasak bahan-bahan untuk topping-toppingnya yang menggiurkan. Ini berarti konsumen kehilangan haknya sesuai dengan Hak Konsumen diatas (nomor 3).
 
Memang sebuah iklan hanyalah bahasa pemasaran dari sebuah produk. Indofood, dalam hal ini adalah produsen dari Indomie membuat iklan sedemikian rupa seperti gambar diatas dengan maksud agar menarik perhatian konsumen untuk membeli Indomie. Yang mana menurut saya, Indofood (dalam hal ini Indomie) sukses untuk menarik perhatian calon konsumennya dengan iklan seperti diatas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar