BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Sekarang
ini, setiap tahunnya kebutuhan akan barang-barang kerajinan tangan (hand made)
sangat beragam. Peningkatan permintaan para konsumen terhadap souvenir yang
unik, dan tidak mahalpun membuat para pengusaha souvenir kelimpungan karena orderan
yang menupuk. Saat ini souvenir tidak hanya diperuntukkan dalam acara-acara
pernikahan saja, tapi juga untuk acara ulang tahun, perpisahan sekolah, ataupun
sebagai hadiah tambahan doorprize. Souvenir kadang juga dibutuhkan sebagai
kenang - kenangan atau hanya sebagai cenderamata ucapan terima kasih. Selain
dalam orderan partai besar, kadang souvenir pun dibeli satuan bagi para peminat
barang – barang kerajinan tangan.
Dengan
adanya kondisi tersebut, peluang bisnis yang berkaitan dengan kerajinan souvenir
pun terbuka lebar dan bisa saja sangat menjanjikan. Untuk itu, saya ingin
memanfaatkan peluang ini. Saya akan mencoba untuk mendirikan sebuah usaha
kerajinan souvenir yang dibuat oleh tangan (handmade) dengan nama “KRAFTED”.
B. Tujuan
Tujuan
dari usaha ini adalah:
- Dapat melakukan usaha souvenir dengan baik dan memberikan manfaat yang besar.
- Dapat memasarkan produk kerajinan souvenir ini dengan baik.
- Dapat menjaga kelangsungan usaha dan mengembangkannya.
- Menjadi salah satu usaha souvenir yang sukses di Jawa Barat dengan omset yang tinggi.
BAB II
RINGKASAN BISNIS
A. Profil Usaha
Nama
Usaha : KRAFTED
Jenis
Usaha : Kerajinan Tangan
Alamat
Usaha : Jl.
Berdikari, Bekasi Selatan
Pemilik : Ridho Lajuardi F.
B. Jenis Usaha
Usaha
ini merupakan usaha saya yang pertama. Dalam tahap awal saya akan menggunakan
dana milik pribadi dalam mendirikan usaha ini. Usaha yang akan saya mulai ini
adalah usaha yang bergerak dalam bidang kerajinan tangan berupa souvenir dan
aksesoris, yang bahan bakunya adalah kain flanel. Produk yang dihasilkan antara
lain gantungan kunci, gantungan hp, figura, boneka, replika kue, tempat tissu,
dan sebagainnya, yang dihasilkan dari bahan baku yang saya gunakan. Untuk
harganya bervariasi tergantung ukuran dan tingkat kesulitan pembuatannya.
C. Tempat Usaha
Lokasi
usaha yang direncanakan untuk pembuatan produk akan dikerjakan di rumah saya
bertempat di Jalan Berdikari No. 22, Bekasi Selatan. Untuk sementara, pemasaran
produk akan dilakukan dengan menitipkan produk ke toko-toko dan menjualnya
melalui toko online.
D. Target
Produk yang dihasilkan dapat berupa
tas, gantungan kunci, gantungan HP, jepit rambut, boneka mungil, miniatur kue
tart, tempat tissue, sampul agenda yang semuanya berbahan dasar dari kain
flannel. Sesuai dengan kapasitas peralatan produksi, produksi yang dapat
dihasilkan adalah sejumlah 120 buah per bulan dengan 8 jenis kreasi kain
flannel atau 1.440 buah pertahun. Konsumen yang ditargetkan adalah usia remaja putri dengan
jumlah target rata-rata 120 orang perbulan atau 1.440 orang pertahun.
E. Strategi Pemasaran
Melakukan
pemasaran secara langsung dengan pamflet, pembagian brosur di jalan, pemasaran
secara online, maupun hanya dari mulut ke mulut.
F. Prospek Pasar dan
Pemasarannya
Untuk sementara
saya hanya melayani pemesanan seputaran Bekasi
dan sekitarnya saja, akan tetapi tidak menutup kemungkinan
jika ada oderan online dari luar Bekasi
akan saya kirimkan melalui jasa TIKI atau JNE.
G. Keunggulan
Yang menjadikan
kerajinan souvenir ini menjadi spesial ialah pesanan produk saya kerjakan
dengan menggunakan tangan jadi lebih rapih dan teliti, selain itu saya juga
menerima pesanan bentuk atau karakter sesuai dengan keinginan pemesan.
Kerajinan Souvenir
ini beda dengan tempat lainnya, karena bisa memesan
bentuk sesuai dengan keinginan masing – masing, bisa juga menambahkan nama
sesuai dengan keinginan pemesan, serta fasilitas bonus untuk konsumen yang
memesan lebih dari 100 buah.
BAB III
PERENCANAAN USAHA
A. Pemasaran
Pemasaran
produk ini sangatlah jelas, yakni para pecinta barang-barang kerajinan tangan
(handmade). Untuk sementara saya hanya melayani pemesanan dari wilayah Bekasi
dan sekitarnya saja, akan tetapi tidak menutup kemungkinan kami akan menerima
jika ada orderan online dari luar Bekasi.
B. Pembiayaan
Jumlah
|
Harga Satuan
|
Nama Satuan
|
Volume
|
Kegiatan/Barang
|
No
|
5,000.00
|
5,000.00
|
buah
|
1
|
Buku catatan
|
1
|
3,000.00
|
1,500.00
|
buah
|
2
|
Pulpen
|
2
|
100,000.00
|
10,000.00
|
meter
|
10
|
Kain Flanel
|
3
|
5,000.00
|
5,000.00
|
buah
|
1
|
Gunting
|
4
|
250,000.00
|
250,000.00
|
unit
|
1
|
Mesin jahit
mini
|
5
|
15,000.00
|
1,500.00
|
gulung
|
10
|
Benang warna
|
6
|
14,000.00
|
14,000.00
|
buah
|
1
|
Lem UHU
|
7
|
4,000.00
|
2,000.00
|
batang
|
2
|
Lem lilin
|
8
|
20,000.00
|
10,000.00
|
bungkus
|
2
|
Dakron
|
9
|
10,000.00
|
5,000.00
|
lusin
|
2
|
Gantungan kunci
|
10
|
15,000.00
|
15,000.00
|
pak
|
1
|
Tali hp
|
11
|
6,000.00
|
3,000.00
|
bungkus
|
2
|
Manik-manik
|
12
|
25,000.00
|
25,000.00
|
buah
|
1
|
Glue gun
|
13
|
30,000.00
|
30,000.00
|
rim
|
1
|
Kertas
|
14
|
25,000.00
|
25,000.00
|
kotak
|
1
|
Tinta
|
15
|
527,000.00
|
Jumlah
|
BAB IV
PENUTUP
A. Antisipasi Masa Depan
Sebagai wirausahawan yang baik, saya tidak akan
membiarkan usaha ini berjalan secara mendatar. Saya akan terus mencoba memperbaiki kualitas pekerjaan saya, agar para peminat
atau konsumen puas atas pelayanan yang
diberikan. Karena apabila kualitas produk tidak saya tingkatkan, kemungkinan besar usaha ini tidak akan
maju dan terancam bangkrut.
B. Kesimpulan
Menurut saya usaha ini dapat berkembang dan akan mencapai
keberhasilan. Saya sadar bahwa
usaha ini tak akan langsung berkembang pesat tapi saya akan terus berjuang
untuk terus menjalankan dan mengembangkan usaha ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar