Selasa, 24 November 2015

Tugas Etika Bisnis (Proposal Usaha Bisnis)


BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Sekarang ini, setiap tahunnya kebutuhan akan barang-barang kerajinan tangan (hand made) sangat beragam. Peningkatan permintaan para konsumen terhadap souvenir yang unik, dan tidak mahalpun membuat para pengusaha souvenir kelimpungan karena orderan yang menupuk. Saat ini souvenir tidak hanya diperuntukkan dalam acara-acara pernikahan saja, tapi juga untuk acara ulang tahun, perpisahan sekolah, ataupun sebagai hadiah tambahan doorprize. Souvenir kadang juga dibutuhkan sebagai kenang - kenangan atau hanya sebagai cenderamata ucapan terima kasih. Selain dalam orderan partai besar, kadang souvenir pun dibeli satuan bagi para peminat barang – barang kerajinan tangan.
Dengan adanya kondisi tersebut, peluang bisnis yang berkaitan dengan kerajinan souvenir pun  terbuka lebar dan bisa saja sangat menjanjikan. Untuk itu, saya ingin memanfaatkan peluang ini.  Saya akan mencoba untuk mendirikan sebuah usaha kerajinan souvenir yang dibuat oleh tangan (handmade) dengan nama “KRAFTED”.
B. Tujuan
Tujuan dari usaha ini adalah:
  1. Dapat melakukan usaha souvenir dengan baik dan memberikan manfaat yang besar.
  2. Dapat memasarkan produk kerajinan souvenir ini dengan baik.
  3. Dapat menjaga kelangsungan usaha dan mengembangkannya.
  4. Menjadi salah satu usaha souvenir yang sukses di Jawa Barat dengan omset yang tinggi.

BAB II
RINGKASAN BISNIS

A. Profil Usaha
Nama Usaha              : KRAFTED
Jenis Usaha               : Kerajinan Tangan
Alamat Usaha           : Jl. Berdikari, Bekasi Selatan
Pemilik                       : Ridho Lajuardi F.
B. Jenis Usaha
Usaha ini merupakan usaha saya yang pertama. Dalam tahap awal saya akan menggunakan dana milik pribadi dalam mendirikan usaha ini. Usaha yang akan saya mulai ini adalah usaha yang bergerak dalam bidang kerajinan tangan berupa souvenir dan aksesoris, yang bahan bakunya adalah kain flanel. Produk yang dihasilkan antara lain gantungan kunci, gantungan hp, figura, boneka, replika kue, tempat tissu, dan sebagainnya, yang dihasilkan dari bahan baku yang saya gunakan. Untuk harganya bervariasi tergantung ukuran dan tingkat kesulitan pembuatannya.
C. Tempat Usaha
Lokasi usaha yang direncanakan untuk pembuatan produk akan dikerjakan di rumah saya bertempat di Jalan Berdikari No. 22, Bekasi Selatan. Untuk sementara, pemasaran produk akan dilakukan dengan menitipkan produk ke toko-toko dan menjualnya melalui toko online.
D. Target
Produk yang dihasilkan dapat berupa tas, gantungan kunci, gantungan HP, jepit rambut, boneka mungil, miniatur kue tart, tempat tissue, sampul agenda yang semuanya berbahan dasar dari kain flannel. Sesuai dengan kapasitas peralatan produksi, produksi yang dapat dihasilkan adalah sejumlah 120 buah per bulan dengan 8 jenis kreasi kain flannel atau 1.440 buah pertahun. Konsumen yang ditargetkan adalah usia remaja putri dengan jumlah target rata-rata 120 orang perbulan atau 1.440 orang pertahun.
E. Strategi Pemasaran
Melakukan pemasaran secara langsung dengan pamflet, pembagian brosur di jalan, pemasaran secara online, maupun hanya dari mulut ke mulut.
F. Prospek Pasar dan Pemasarannya
Untuk sementara saya hanya melayani pemesanan seputaran Bekasi dan sekitarnya saja, akan tetapi tidak menutup kemungkinan jika ada oderan online dari luar Bekasi akan saya kirimkan melalui jasa TIKI atau JNE.
G. Keunggulan
Yang menjadikan kerajinan souvenir  ini menjadi spesial ialah pesanan produk saya kerjakan dengan menggunakan tangan jadi lebih rapih dan teliti, selain itu saya juga menerima pesanan bentuk atau karakter sesuai dengan keinginan pemesan. Kerajinan Souvenir ini beda dengan tempat lainnya, karena bisa memesan bentuk sesuai dengan keinginan masing – masing, bisa juga menambahkan nama sesuai dengan keinginan pemesan, serta fasilitas bonus untuk konsumen yang memesan lebih dari 100 buah.

BAB III
PERENCANAAN USAHA

A. Pemasaran
Pemasaran produk ini sangatlah jelas, yakni para pecinta barang-barang kerajinan tangan (handmade). Untuk sementara saya hanya melayani pemesanan dari wilayah Bekasi dan sekitarnya saja, akan tetapi tidak menutup kemungkinan kami akan menerima jika ada orderan online dari luar Bekasi.
B. Pembiayaan
Jumlah
Harga Satuan
Nama Satuan
Volume
Kegiatan/Barang
No
       5,000.00
        5,000.00
buah
1
Buku catatan
1
       3,000.00
        1,500.00
buah
2
Pulpen
2
   100,000.00
      10,000.00
meter
10
Kain Flanel
3
       5,000.00
        5,000.00
buah
1
Gunting
4
   250,000.00
   250,000.00
unit
1
Mesin jahit mini
5
     15,000.00
        1,500.00
gulung
10
Benang warna
6
     14,000.00
      14,000.00
buah
1
Lem UHU
7
       4,000.00
        2,000.00
batang
2
Lem lilin
8
     20,000.00
      10,000.00
bungkus
2
Dakron
9
     10,000.00
        5,000.00
lusin
2
Gantungan kunci
10
     15,000.00
      15,000.00
pak
1
Tali hp
11
       6,000.00
        3,000.00
bungkus
2
Manik-manik
12
     25,000.00
      25,000.00
buah
1
Glue gun
13
     30,000.00
      30,000.00
rim
1
Kertas
14
     25,000.00
      25,000.00
kotak
1
Tinta
15
   527,000.00



Jumlah



BAB IV
PENUTUP

A. Antisipasi Masa Depan
Sebagai wirausahawan yang baik, saya tidak akan membiarkan usaha ini berjalan secara mendatar. Saya akan terus mencoba memperbaiki kualitas pekerjaan saya, agar para peminat atau konsumen puas atas pelayanan yang diberikan. Karena apabila kualitas produk tidak saya tingkatkan, kemungkinan besar usaha ini tidak akan maju dan terancam bangkrut.
B. Kesimpulan
Menurut saya usaha ini dapat berkembang dan akan mencapai keberhasilan. Saya sadar bahwa usaha ini tak akan langsung berkembang pesat tapi saya akan terus berjuang untuk terus menjalankan dan mengembangkan usaha ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar