Jumat, 09 Januari 2015

Tanggal Satu Bulan Pertama di Pusat Kebudayaan Amerika!



Di Indonesia terdapat pusat kebudayaan dari negara-negara lain. Ada pusat kebudayaan negara Belanda yang bernama Erasmus Huis, Jerman yang bernama Goethe Institut, Perancis yang bernama Institut Français d'Indonésie atau biasa disingkat dengan IFI, juga ada pusat kebudayaan Korea yaitu Korean Cultural Center (KCC), lalu pusat kebudayaan dari negara Jepang yang bernama Japan Foundation, dan masih ada beberapa nama pusat kebudayaan dari negara lain lagi di Indonesia. Masing-masing pusat kebudayaan memiliki cara tersendiri untuk memperkenalkan budaya dari negaranya, mulai dari melalui diskusi dan pameran, ada yang memberikan kursus bahasa kepada pengunjung, fasilitas perpustakaan dengan literatur buku dari negaranya sendiri, sampai fasilitas theater sebagai sarana pengunjung untuk melihat pertunjukkan budaya, film, dan live-music. Secara garis besar pusat kebudayaan tersebut bertujuan sama, yaitu sebagai sarana bagi masyarakat Indonesia untuk belajar mengetahui kebudayaan dari negara yang bersangkutan.

Tanggal 1 Januari, sebagai hari pertama di tahun yang baru, kami mengunjungi salah satu pusat kebudayaan yang ada di Jakarta, yaitu @america. Kunjungan ini dilatarbelakangi tugas kuliah kami yang kemudian harus dijadikan sebuah tulisan. Tanggal merah, jalan-jalan, dan traffic Jakarta yang saat itu tidak dalam kondisi yang menyebalkan, maka saya anggap kunjungan ini juga sebagai liburan! Because it was fun.

google.com

@america adalah pusat kebudayaan abad ke-21 yang mutakhir di mana Anda dapat menjelajahi dan mengeksplorasi Amerika Serikat serta mengungkapkan pikiran dan gagasan tentang Amerika. Di @america Anda bisa menemui teknologi tinggi dan belajar lebih banyak tentang Amerika Serikat. Melalui diskusi, webchat, pertunjukan budaya, debat, kompetisi, dan pameran, Anda dapat mengalami yang terbaik dari Amerika, seperti idealismenya, kreativitas, dan keanekaragaman.


Di @america terdapat beberapa fitur fasilitas sebagai sarana yang informatif bagi pengunjungnya. Seperti beberapa LED TV yang menyajikan tayangan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan negara Amerika Serikat, seperti sejarahnya, teknologi yang berasal dari Amerika, sampai orang-orang yang berpengaruh, dan masih banyak yang lain. Juga ada booth Google Earth yang dilengkapi dengan layar monitor besar sebagai visualisasinya. Pengunjung dapat dengan bebas melihat dunia melalui Google Earth. Di @america juga terdapat theater yang biasa digunakan sebagai pertunjukkan film, live-music, diskusi, sampai pameran.

Google Earth

Ketika kami berkunjung kesana kebetulan theater tersebut sedang ada pertunjukkan film karena memang @america saat itu sedang ada event Film Festival. Lalu ada pojok edukasi sebagai tempat bagi pengunjung untuk belajar tentang Amerika dengan membaca buku. Selain sebagai sarana belajar, @america juga menyediakan sarana hiburan bagi pengunjungnya, yaitu disediakannya fasilitas booth PLAY. Pengunjung dapat dengan bebas memainkan game xbox di booth PLAY.


Dari beragam fitur fasilitas yang ada di @america, menjadikan @america sebagai tempat yang penuh manfaat bagi pengunjungnya. Pengunjung bukan hanya mendapatkan sarana belajar, tetapi juga hiburan, dan lain-lain. Ini yang menyebabkan @america sebagai pusat kebudayaan negara Amerika Serikat mempunyai peran yang penting bagi masyarakat di Indonesia, dan kami tentunya sebagai masyarakat Indonesia dan mahasiswa Universitas Gunadarma. Setelah kami berkunjung ke @america, saya pribadi mendapatkan pengalaman belajar mengenai budaya yang ada di negara Amerika Serikat. Sehingga menurut saya, pusat kebudayaan seperti @america ini dapat berperan menjadi mitra dengan institusi pendidikan yang ada di Indonesia, seperti Universitas Gunadarma. Jadi, siswa atau mahasiswa di Indonesia tak hanya belajar dari lingkungan sekolah atau kampusnya, tetapi dapat belajar dari lingkungan yang berbeda seperti di pusat kebudayaan @america ini.



@america
Mal Pacific Place Lt. 3 #325
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Kebayoran Baru
Central Jakarta, 12190


Tidak ada komentar:

Posting Komentar