RIDHO LAJUARDI F.
16212309
3EA17
PERILAKU KONSUMEN
1. Pemahaman
akan Perilaku Konsumen yang tepat dapat diaplikasikan dalam ?
Pengertian Perilaku Konsumen adalah proses dan
aktifitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian,
penggunaan serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan
keinginan. Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk
membuat keputusan pembelian. Untuk barang berharga jual rendah
(low-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan mudah,
sedangkan untuk barang berharga jual tinggi (high-involvement) proses
pengambilan keputusan dilakukan dengan pertimbangan yang matang. Dari pemahaman
tentang perilaku konsumen tersebut, perilaku konsumen dapat diaplikasikan dalam
:
A. Perusahaan dapat merancang sebuah strategi
pemasaran yang baik. Misalnya :
- Kenali pelanggan anda, contohnya usia 15-30 tahun dengan memasarkan produk sport atau membidik wanita dengan usia 20-30 tahun jika ingin memasarkan sepatu wedges. Cara ini membuat perusahaan terhindar dari terbuangnya waktu dan biaya yang sia-sia.
- Promosi, contohnya menentukan kapan saat nya perusahaan memberikan diskon agar menarik pembeli.
- Pilih lokasi yang strategis.
- Mencoba menggunakan internet marketing.
- Menjalin hubungan dengan pelanggan.
- The power of focus.
B. Perilaku konsumen dapat membantu pembuat
keputusan membuat kebijakan public, misalnya untuk dapat mengetahui kapan
konsumen memerlukan banyak menggunakan transportasi saat lebaran, pembuat
keputusan dapat merencanakan harga tiket pada saat hari raya tersebut.
C. Penyebaran ide diantara konsumen. Dengan
memahami sikap konsumen dalam menghadapi sesuatu seseorang dapat menyebarkan
ide dengan lebih cepat dan efektif, dan juga dapat memberikan gambaran kepada
para pemasar dalam pembuatan produk, penyesuaian harga produk, mutu produk,
kemasan, dan sebagainya agar dalam penjualan produk tidak menimbulkan
kekecewaan pada pemasar tersebut.
2. Jelaskan
apa yang kalian ketahui terkait pendekatan Perilaku Konsumen !
a. Pendekatan Interprentif, dimana pendekatan
ini menggali secara mendalam perilaku konsumsi dalam hal-hal yang mendasarinya,
misalnya dengan melakukan wawancara atau focus group discussion.
b. Pendekatan Tradisional, dimana pendekatan ini
berdasarkan teori dan metode dari ilmu psikologi kognitif, sosial, dan
behavioral serta dari ilmu sosiologi. Tujuan dari pendekatan ini adalah untuk
mengembangkan teori dan metode untuk menjelaskan perilaku dan pembuatan
keputusan konsumen, misalnya dengan melakukan survey atau eksperimen.
c. Pendekatan Sains Marketing, dimana pendekatan
ini berdasarkan pada teori dan metode dari ilmu ekonomi dan statistika. Tujuan
dari pendekatan ini adalah untuk memprediksi pengaruh strategi marketing
terhadap pilihan dan pola konsumsi (Moving Rate Analisys) yang dilakukan dengan
cara mengembangkan dan menguji coba model matematika berdasarkan hierarki
kebutuhan manusia menurut Abraham Maslow.
3.
Sebut dan jelaskan sejumlah proses yang dilakukan konsumen dalam pengambilan
keputusan yang mempengaruhi keputusan !
a. Pengenalan Masalah (Problem Recognition)
konsumen akan membeli suatu produk sebagai solusi atas permasalahan yang
dihadapinya tanpa adanya pengenalan masalah yang muncul, konsumen tidak dapat
menentukan produk yang akan dibeli.
b. Pencarian Informasi (Information Source)
setelah memahami masalah yang ada konsumen akan termotivasi untuk mencari
informasi untuk menyelesaikan permasalahan yang ada melalui pencarian informasi.
Proses pencarian informasi dapat berasal dari dalam memori (internal) dan
berdasarkan pengalaman orang lain (eksternal).
c. Mengevaluasi Alternatif (Alternatif
Evaluation) setelah konsumen akan mengevaluasi alternatif yang ada untuk
mengatasi permasalahan yang dihadapinya.
d. Keputusan Pembelian ( Purchase Decision )
setelah konsumen mengevaluasi alternatif konsumen membuat keputusan
pembelian.
e. Evaluasi Pasca Pembelian ( Post Purchase
Evaluation ) proses evaluasi yang dilakukan konsumen tidak hanya berakhir pada
tahap pembuatan keputusan pembelian. Setelah konsumen membeli produk tersebut
konsumen membuat evaluasi apakah produk tersebut sesuai dengan harapannya atau
tidak. Jika konsumen puas konsumen akan meningkatkan permintaan akan merek
produk tersebut pada masa depan.
4.
Berikut faktor-faktor internal dalam pembelian !
A. Motivasi
Suatu dorongan yang ada dalam diri manusia untuk
mencapai tujuan tertentu.
B. Persepsi
Merupakan hasil permaknaan seseorang terhadap
stimulus atau kejadian yang diterimanya bedasarkan informasi dan pengalamannya
terhadap rangsangan tersebut.
C. Pembentukan Sikap
Merupakan penilaian yang ada pada diri manusia
yang mencerminkan sikap suka atau tidak suka seseorang akan suatu hal.
D. Integrasi
Merupakan kesatuan antara sikap dan tindakan.
Integrasi merupakan respon atas sikap yang diambil. Perasaan suka akan
mendorong seseorang untuk membeli dan perasaan tidak suka akan membulatkan
tekad seseorang untuk tidak membeli produk tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar